PERTEMUAN 8 : PENGERTIAN DAN KEUNTUNGAN USER EXPERIENCE

USER EXPERIENCE


Dalam dunia design, User Experience saat ini menjadi perhatian penting sebagai pertimbangan dalam mendesain User Interface (antarmuka) baik itu berbasis web maupun berbasis Desktop. Baik dan tidaknya aplikasi yang dibuat oleh developer atau programmer sedikit banyak dipengaruhi oleh aspek user experience. Namun sebenarnya apa User Experience itu? Berikut akan saya coba jelaskan.
Secara harafiah, User Experience berarti : User (pengguna) dan Experience(pengalaman). User Experience berorientasi pada pengguna. Jadi User Experience adalah pengalaman pengguna dalam menggunakan dan merasakan suatu barang atau produk, salah satunya aplikasi komputer yang efektif dan efisien. Sebagai tolak ukur atau paramater dari User Experience adalah bagaimana pengguna menggunakan aplikasi dengan cepat dan mudah tanpa harus  banyak belajar untuk menggunakannya terlebih dahulu dengan intensif.
User Experience masuk dalam kategori HCI (Human Computer Interaction) atau IMK (Interaksi Manusia dan Komputer), di mana aplikasi berpusat pada pengguna. Semakin natural pengoperasiannya maka semakin baik aplikasi tersebut.
Aplikasi yang mempunyai User Experience yang baik akan berefek kepada bagaimana pengguna menggunakan aplikasi tersebut.
berikut beberapa faktor yang mempengaruhi User Experience:
Terdapat 4 poin utama dalam Strategi User Experience (UX) :
  1. Mendefinisikan value yang dapat diberikan ke pengguna dan mengeksplorasi produk apakah dapat mencapai tujuan2 dari bisnis.
  2. Spesifikasi tujuan, mengidentifikasi setiap kesempatan yang dapat meningkatkan produk, dan mengeksplorasi setiap fese interaksi pengguna dengan produk untuk mengidentifikasi apakah komponen-komponen produk telah sesuai.
  3. Merencanakan pengembangan produk dan peningkatan secara terus-menerus.
  4. Mendefinisikan kesuksesan produk dan metode yang digunakan untuk memvalidasi keberhasilan sebuah produk.
Mengimplementasikan User Experience (UX) Strategy membantu kita untuk:
  • Membuat Seluruh tim ikut dalam pengembangan strategi produk yang dibuat
  • Memperjelas pemikiran desain yang abstrak
  • Keputusan desain dan Pengembangan didasari oleh visi yang sudah disetujui bersama
  • Mengurangi waktu karena tidak perlu membangun komponen yang tidak berkontribusi kepada pengguna atau nilai bisnis
Bagaimanapun juga dalam strategi User Experience (UX) ini, strategi harus tetap fleksibel sesuai dengan metode dan pendekatan yang digunakan dalam pengembangan produk. Sebuah perusahaan harus belajar User Experience (UX) Strategy agar dapat dijalankan secara konsisten karena menentukan keberhasilan desain dari sebuah produk.




Comments

Popular posts from this blog

PERTEMUAN 5 : PENGERTIAN DAN CONTOH CLASS DIAGRAM

PERTEMUAN 7 : PENGERTIAN DAN CONTOH STATECHART DIAGRAM

PERTEMUAN 4 : PENGERTIAN DAN CONTOH COMMUNICATION DIAGRAM