PERTEMUAN 7 : PENGERTIAN DAN CONTOH STATECHART DIAGRAM

STATECHART DIAGRAM
Diagram status atau state diagram atau statechart diagram menunjukkan kondisi yang dapat dialami atau terjadi pada sebuah objek sehingga setiap objek memiliki sebuah diagram status. Diagram status diadopsi dari penggambaran kondisi mesin status (state machine) yang menggambarkan status apa saja yang dialami oleh mesin, misalnya mesin pembelian kopi dengan uang koin.

Diagram Status mengambarkan seluruh state/status yang memungkinkan obyek-obyek dalam class dapat dimiliki dan kejadian-kejadian yang menyebabkan satus berubah. Perubahan dalam suatu state disebut juga transisi (transition). Suatu transisi juga dapat memiliki sebuah aksi yang dihubungkan pada status, lebih spesifik apa yang harus dilakukan dalam hubungannya dengan transisi status. Pada diagram ini, perilaku sistem ditunjukkan. Sebuah status adalah kondisi selama hidup objek atau interaksi selama memenuhi suatu kondisi, melaksanakan suatu aksi, atau menunggu suatu kejadaian.

Simbol-simbol yang ada pada diagram status adalah sebagai berikut:

simbol-diagram-status
simbol-diagram-status

Status, Event, dan Transisi

Objek pada sistem mengubah statusnya untuk merespon event/kejadian dan waktu. Secara umum, pendeteksian sebuah kejadian dapat menyebabkan sebuah objek bergerak dari satu status ke status yang lain. Keadaaan ini disebut transisi.

Di bawah ini contoh diagram status untuk objek Order. Sistem diawali pada status pemeriksaan yang akan melakukan kegiatan "periksa item barang." Setelah itu memeriksa apakah item tersedia atau tidak tersedia. Jika item tersedia, maka ke status pengiriman kemudian ke status penerimaan. Jika tidak tersedia maka ke status Batal.



Composite State


Jika diagram status akan digunakan untuk sistem yang kompleks, maka perlu penyederhanaan. Salah satu penggunaannya adalah sub status. Sub status dikelompokkan bersama-sama dalam status berdekatan karena penggunaan properties tertentu secara bersama-sama menjadi sebuah „super state‟.
Composite state didekomposisi menjadi dua atau lebih sub status bersamaan atau menjadi sub status yang terpisah.

Comments

Popular posts from this blog

PERTEMUAN 5 : PENGERTIAN DAN CONTOH CLASS DIAGRAM

PERTEMUAN 4 : PENGERTIAN DAN CONTOH COMMUNICATION DIAGRAM